MONYET BODOH YANG INGIN MENJADI RAJA

Pada suatu hari, di sebuah hutan yang masih lebat dimana para binatang tengah berkumpul membicarakan nasib mereka.

            “Sang raja rimba, pimpinan kita, harimau perkasa baru saja ditangkap pemburu. Sekarang kita tidak memiliki pemimpin lagi. Harus ada yang menggantikannya agar ada yang menjaga hutan ini dari para pemburu jahat,”ucap Beo yang cerewet. Tapi tidak ada yang berani menjawab. Semua terdiam. Bahkan gajah yang biasanya aktif berpendapat ikut terdiam.

            “Sudahlah teman-teman. Jangan terlalu dipikirkan dalam-dalam. Nanti jatuh sakit kita. Lebih baik kita bergembira sekarang,”jawab Monyet enteng sambil menari-nari dengan lincahnya. Ia melakukan sejumlah atraksi luar biasa yang membuat binatang lainnya terpukau. Mereka berdiri dan memberikan tepuk tangan yang meriah. Akhirnya para binatang itu sepakat untuk mengangkat monyet yang sebenarnya tidak terlalu pandai itu menjadi pemimpinnya menggantikan harimau.

            Si Rubah yang cerdik tampak tidak menyukai keputusan itu. Ia lalu membuat perangkap ditengah hutan dan meletakkan sekerat daging di dalamnya. Ia lalu menceritakan hal tersebut kepada monyet bahwa ada sebuah harta karun yang sangat berharga di tengah hutan.

            Monyet  tertarik lalu mengikuti rubah menuju ke tempat harta karun tersebut berada. Disana setelah menyaksikan perangkap buatan rubah, tanpa pikir panjang monyet lalu masuk untuk mengambil daging yang ada di dalamnya. Ia senang bisa menemukan daging enak dan empuk tanpa harus bersusah payah. Namun setelah masuk perangkap, ia tidak bisa keluar lagi.

            Si Rubah yang licik tertawa terbahak-bahak melihat kebodohan monyet tersebut. Ia lalu pergi meninggalkan monyet yang terus berteriak-teriak minta tolong agar dikeluarkan dari perangkap.

            “Bodoh amat!”gumamnya sambil berlalu pergi.

            “Aku heran kenapa monyet setolol itu bisa jadi raja menggantikan harimau yang perkasa. Bagaimana nasib kita nanti?”desis Rubah sambil menggeleng-gelengkan kepalanya penuh keheranan.

Posting Komentar untuk "MONYET BODOH YANG INGIN MENJADI RAJA"