KUDA DAN RUSA JANTAN

 

Dahulu, ada seekor kuda yang tinggal di sebuah padang rumput hijau nan luas. Selama bertahun-tahun ia tinggal sendiri di tempat itu tanpa ada binatang lain disekitarnya. Ia sangat menikmati kesendiriannya tersebut karena ia bisa bebas melakukan apa saja tanpa gangguan dari hewan lain.

            Namun suatu hari, datanglah seekor rusa jantan yang masih muda ke tempat itu. Ia suka berlarian kesana kemari dan membuat rusak padang rumput makanan sang kuda. Ketika ditegur, ia tidak peduli dan tetap saja melakukan kesenangannya itu. Ketika Kuda hendak menangkapnya, ia mampu berlari lebih cepat dibandingkan dirinya yang sudah mulai tua. Hal itu membuat Kuda meminta bantuan kepada seorang pemburu yang lewat untuk menangkap Rusa Jantan itu.

            “Baiklah, aku akan membantumu. Tapi kamu harus mau jika aku memasang tali kekang dan pelana di punggungmu?”pinta Si Pemburu mengajukan syarat.

            “Untuk apa semua itu?”tanya Kuda heran.

            “Ya, agar aku bisa lebih mendekati Rusa dan menembaknya dengan panahku,”jawab Pemburu. Akhirnya Kuda setuju dengan syarat itu. Maka mereka mulai bergerak mencari Rusa Jantan yang ternyata sedang beristirahat di bawah sebuah pohon rindang.

            Demi melihat kedatangan Kuda, ia langsung waspada lalu berlari kencang menghindari sergapan Si Kuda yang kini ditemani oleh sang Pemburu. Rusa jantan begitu percaya diri mampu lepas dari sergapan sang kuda seperti biasanya.

            Namun ternyata perkiraannya itu salah karena meski beberapa meter lebih cepat di depan Kuda, namun Sang Pemburu masih mampu melepaskan beberapa anak panah yang tepat mengenai tubuhnya dan membuat hewan malang itu tersungkur tak berdaya lalu mati.

            “Terimakasih atas bantuanmu Pemburu. Sekarang tidak ada lagi yang mengganggu kehidupanku disini,”ucap Kuda tersenyum lebar.

            “Oh ya, sama-sama. Atas kerjasamanya yang baik ini aku berharap kau akan tetap jadi rekan kerjaku. Kamu akan jadi kuda tungganganku selama aku melakukan kegiatan berburu atau ketika aku akan bepergian jauh,”balas Pemburu bahagia.

            Maka sejak saat itu, kuda selalu menjadi tunggangan manusia. Menjadi alat transportasi yang sangat membantu aktivitas mereka di luar rumah.

Posting Komentar untuk "KUDA DAN RUSA JANTAN"