HILANGNYA PERSAHABATAN TIKUS DAN KATAK

 

Dahulu, katak dan tikus berteman sangat akrab. Katak sering bermain ke rumah tikus yang menjamunya dengan beragam jenis makanan yang sangat disenangi katak.

          “Makananmu enak-enak. Aku suka sekali. Ini membuatku senang dan betah berlama-lama di rumahmu,”puji Katak sambil mengunyah sekerat roti sahabatnya itu

          “Tapi untuk minggu besok aku ingin kamu yang main ke rumahku. Aku ingin menunjukkan pula betapa lezatnya masakanku,”undang Katak penuh harap. Tikus kaget mendengarnya.

          “Aku tidak pandai berenang. Padahal rumahmu ada di seberang sungai. Aku bisa mati tenggelam jika main ke rumahmu,”tolak Tikus dengan wajah sedih. Katak terperanjat mendengar jawaban Tikus.

          “Oh, ya. Tapi jangan khawatir karena aku yang akan membantu menyeberangkanmu. Aku pastikan kamu akan selamat sampai di rumahku, baik saat datang maupun pulang nanti,”ucap Katak memberi solusi. Mendengar itu Tikus akhirnya setuju dan bersedia memenuhi undangan sahabatnya itu.

          Maka, ketika saatnya tiba, Katak menunggu Tikus di tepi sungai. Setelah sahabatnya tiba, ia lalu meminta tikus untuk naik ke punggungnya. Agar tidak berguncang dan melorot di tengah perjalanan, ia mengikat tubuh tikus dengan seutas tali yang kuat sehingga bisa berenang dengan nyaman.

          Di tengah perjalanan, ketika mereka sudah mencapai bagian tengah sungai, Katak tiba-tiba berpikir untuk menenggelamkan sahabatnya itu.

          “Jika tikus ini mati, maka aku bisa menguasai persediaan makanannya yang berlimpah itu sehingga aku tidak khawatir di musim kemarau panjang yang sebentar lagi datang. Aku bisa bersantai dulu dalam waktu yang lama,”bisik hati Katak yang jahat.

          Tanpa pikir panjang lagi, ia lalu menyelam ke dasar sungai yang dalam. Teriakan minta tolong dianggapnya angin lalu saja karena Katak sudah gelap mata.

          Tanpa diduga, ternyata tepat diatas mereka ada seekor elang yang tengah mencari mangsa. Melihat dua sahabat itu di bawah, ia lalu menukik tajam dan menyambar keduanya sebelum menyelam semakin dalam.

          Betapa senangnya Elang itu karena kali ini bisa membawakan makanan untuk anaknya dua ekor mangsa sekaligus yang  gemuk-gemuk badannya. Di lain pihak, Katak baru menyadari kesalahannya. Sifat rakus yang tak terkendali ternyata membawanya ke jurang kehancuran.

Posting Komentar untuk "HILANGNYA PERSAHABATAN TIKUS DAN KATAK"