BERAPA UMUR SEMUT RANGRANG?

        


Wati menangis minta mangga di depan rumah. Iwan, kakaknya, berusaha menenangkan. Namun tangisnya tak juga reda. Ia baru berhenti setelah Iwan berjanji akan memetiknya sekarang.

            “Sudah jangan nangis, nanti kakak ambilin,”rayu Iwan yang tak tahan dengan suara tangisan sang adik.

            Ia lalu melangkah keluar dan perlahan mulai memanjat. Dengan cekatan ia mulai memetik mangga yang sudah matang. Ada empat hingga lima buah mangga arumanis kini telah aman di kantong plastik yang dibawanya.

            Ia lalu segera turun setelah merasa terganggu oleh gigitan puluhan ekor semut rangrang yang marah karena rumahnya sedikit rusak karena tersenggol badan Iwan.

            “Aduh, sakit juga gigitannya. Semut ini tidak kenal takut. Terus menyerang dengan ganasnya!”keluh Iwan sambil mengibas-ibaskan tangannya ke sekujur tubuh untuk membuang semut-semut nakal itu. Badannya yang cukup besar sekitar 15-16 mm memang terlihat seram dan menakutkan.

            “Tuh, lihat, kan? Kakak jadi digigitin semut banyak sekali,”keluh Iwan ketika menyerahkan mangga arumanis kepada sang adik. Wati tersenyum. Tak peduli dengan penderitaan Iwan. Ia tampak senang karena membayangkan akan segera menikmati mangga yang manis.

            “Kakak jahat sekali. Masak semutnya di pencet-pencet sampai mati. Kan kasihan?”celetuk Wati dengan wajah tak bersalahnya.

            “Tidak apa-apa. Lagipula semut-semut ini sudah jahat kepadaku. Umur mereka juga tidak lama, kok!”jawab Iwan semakin sibuk mengambil rang-rang yang masuk ke balik bajunya.

“Memangnya rangrang ini umurnya sampai berapa tahun, Kak?”tanya Wati penasaran.

“Setahu kakak, umur mereka hanya sekitar satu sampai dua tahunan. Kalau ratu nya bisa sampai 10 tahun,”jawab Iwan lega setelah semua semut berhasil dibersihkan dari tubuhnya.

“Ayo, sekarang kita kupas mangga ini. Kamu mau dibuat jus atau dimakan langsung?”ajak Iwan semangat.

“Dua-duanya, Kak,”sahut sang adik cepat. Iwan tersenyum kecut. Kali ini pekerjaannya bertambah lagi. Tapi ia tetap senang karena sang adik kini sudah bisa tersenyum.

Posting Komentar untuk "BERAPA UMUR SEMUT RANGRANG?"